Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-readmore-di-blog.html#ixzz1fT9Je1iV

welcome

Sabtu, 03 Desember 2011

pengertian BSD

86). pengertian BSD

        BSD (singkatan dari Barkeley Software Distributions) merupakan nama distrisbusi source code yang berasal dari Universitas California Barkeley, yang berasal dari pengembangan UNIX AT&T Research. Beberapa distro BSD dikembangkan berdasarkan source code yang dikenal sebagai 4.4BSD-Lite. Selain itu mereka kemudian menambahkan beberapa paket dari proyek Open Source lainnya sehingga membentuk distro yang lengkap.
Mana yang bagus, Linux atau BSD ?
BSD dan Linux dikenal sebagai sistem operasi yang handal. BSD dikenal sebagai OS yang sudah matang karena sudah dikembangkan sejak 1990-an. Walaupun demikian banyak distro Linux yang juga sangat menekankan pada kestabilan seperti Slackware, Debian, dll.
Seringkali pemilihan BSD dan Linux lebih didasarkan pada selera, karena itu ada baiknya dipertimbangkan hal-hal sbb:
  • Jika anda sudah menggunakan suatu OS, dan anda puas dengan performansinya tentunya tidak ada alasan untuk mengganti ke sistem lain.
  • BSD, terutama FreeBSD, dikenal sangat handal. Walaupun demikian, perbedaannya dengan distro Linux sangat kecil. Pada beberapa kasus, performansi Linux mengungguli BSD.
  • BSD dapat menjalankan program Linux, tetapi tidak sebaliknya. Karena itu BSD dapat menjalankan program lebih banyak dibandingkan Linux.
  • Secara umum, BSD dikenal dengan reputasi kehandalan yang tinggi karena basis kodenya yang sudah matang.
  • Komunitas Linux jauh lebih banyak dibandingkan BSD, memudahkan anda untuk mencari resource maupun konsultasi bila ada kesulitan.
Distro apa saja yang tersedia ?
Saat ini distro BSD yang paling dikenal antara lain adalah :
* FreeBSD
Dengan semboyan the power to server, distro ini didesain agar memiliki performansi tinggi dan mudah dipakai oleh end user. FreeBSD sangat terkenal dengan kestabilannya dan sudah digunakan oleh sebagian besar ISP di seluruh dunia, termasuk situs-situs paling sibuk di internet.
* NetBSD
merupakan distro yang menekankan pada portabilitas. Anda dapat menginstall OS ini pada hampir seluruh platform yang ada, dari palmtop hingga server besar, bahkan NASA pun menggunakannya. Distro ini merupakan pilihan bila anda mempunyai sistem tua yang tidak berbasis intel.
* OpenBSD
Four years without remote hole in the default install ! Distro ini dirancang dengan aspek keamanan tinggi dan kode yang bersih. Pengembangnya selalu melakukan auditing secara sehingga distro yang dihasilkan benar2 aman. Bila anda menjalankan aplikasi yang memerlukan keamanan yang tinggi seperti bank database, dll, OpenBSD merupakan pilihan anda.


Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-readmore-di-blog.html#ixzz1fT9TqQln

Tidak ada komentar:

Posting Komentar